Beranda | Artikel
Menangis Ketika Shalat
Senin, 13 Maret 2023

Bersama Pemateri :
Ustadz Musyaffa Ad-Dariny

Menangis Ketika Shalat ini merupakan bagian dari kajian Islam ilmiah Kitab Shahihu Fiqhis Sunnah wa Adillatuhu yang disampaikan oleh Ustadz Dr. Musyaffa Ad-Dariny, M.A. Hafidzahullah. Kajian ini disampaikan pada Senin, 14 Sya’ban 1444 H / 6 Maret 2023 M.

Download kajian sebelumnya: Memberikan Isyarat Ketika Shalat

Kajian Tentang Menangis Ketika Shalat

Menangis di dalam shalat ini dibolehkan dan tidak membatalkan shalat. Di antara dalilnya adalah hadits dari sahabat Abdullah bin Syikhir Radhiyallahu ‘Anhu, beliau mengatakan:

أتيت رسول الله صلى الله عليه وسلم وهو يصلي، ولصدره أزيز كأزيز المرِجل

“Aku pernah mendatangi Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam ketika beliau sedang shalat, dan di dalam dada Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam ada suara gemuruh seperti suara mendidihnya air yang dipanaskan di dalam sebuah tempat.” (HR. An-Nasa’i, Abu Dawud, Ahmad)

Ini menunjukkan bahwa Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam ketika itu menangis dan beliau tahan tangisannya tersebut sampai ada suara gemuruh seperti suara mendidihnya air di dalam dada Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam.

Ada juga hadits dari sahabat Ali Radhiyallahu ‘Anhu, beliau mengatakan:

ما كان فينا فارس يوم بدر غير المقداد، ولقد رأيتنا وما فينا إلا نائم إلا رسول الله صلى الله عليه وسلم تحت شجرة يصلي ويبكي حتى أصبح

“Dahulu di perang Badar tidak ada pasukan berkuda yang ada pada kita kecuali Miqdad, dan aku telah melihat bahwa kami ketika itu sudah tidur semuanya kecuali Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam, ketika itu beliau berada di bawah sebuah pohon untuk shalat dan menangis sampai waktu subuh tiba.” (HR. Ahmad)

Ali Radhiyallahu ‘Anhu mengatakan bahwa di dalam shalat tersebut Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam menangis. Ini menunjukkan bahwa menangis di dalam shalat itu tidak membatalkan.

Bagaimana pembahasan lengkapnya? Mari download dan simak mp3 kajian yang penuh manfaat ini.

Download mp3 Kajian


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/52785-menangis-ketika-shalat/